SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Rabu, 17 Juli 2013

Transaksi, Akun-Akun, Syarat Pembayaran, dan Syarat Penyerahan Barang Dalam Perusahaan Dagang.

B. Transaksi, Akun-Akun, Syarat Pembayaran, dan Syarat Penyerahan Barang Dalam Perusahaan Dagang.
1. Transaksi Perusahaan Dagang
    Transaksi umum yang dilakukan oleh perusahaan dagang adalah:
     a. Membeli barang dagangan secara kredit
     b. Membeli barang dagangan secara tunai
     c. Mengembalikan barang dagangan
     d. Menerima potongan pembelian
     e. Membayar atau menerima perhitungan biaya angkut pembelian
      f. Menjual barang dagangan secara kredit
     g. Menjual barang dagangan secara tunai
     h. Menerima kembali barang dagangan yang telah dijual
      i. Memberi potongan penjualan

2. Akun-akun Perusahaan Dagang
    Akun yang lazim digunakan oleh perusahaan dagang adalah sebagai berikut:
    a. Akun persediaan barang dagang, digunakan untuk mencatat jumlah persediaan barang 
        dagang.
    b. Akun pembelian, digunakan untuk mencatat semua transaksi pembelian barang \ 
        dagang.
    c. Akun retur pembelian dan pengurangan harga, digunakan untuk mencatat semua 
        transaksi pengembalian barang dagangan yang telah dibeli dan pengurangan harga 
        atas pengembalian barang tersebut.
    d. Akun potongan pembelian, digunakan untuk mencatat transaksi potongan pembelian 
        karena rusak, cacat atau tidak sesuai pesanan.
    e. Akun beban angkut pembelian, digunakan untuk mencatat semua transaksi 
        pembayaran biaya angkut barang dagang yang dibeli.
     f. Akun penjualan, digunakan untuk mencatat semua transaksi penjualan barang dagang.
    g. Akun retur penjualan dan pengurangan harga, digunakan untuk mencatat transaksi 
        penerimaan kembali barang dagang yang telah dijual.
    h. Akun potongan penjualan, digunakan untuk mencatat transaksi potongan penjualan.

3. Syarat pembayaran perusahaan dagang
    Munculnya syarat pembayaran menandai terjadinya transaksi penjualan / transaksi 
    pembelian secara kredit. Beberapa syarat pembayaran yang yang lazim digunakan 
    dalam transaksi adalah:
    a. Syarat 2/10, n/30 yang artinya jika pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 10 hari 
        atau kurang akan mendapat potongan 2% dan pembayaran neto faktur paling lambat 
        30 hari.
    b. Syarat 2/10,1/15,n/30 artinya jika pembayaran dilakukan dalam jangka waktu 10 hari 
        atau kurang akan mendapat potongan 2%, tetapi jika pembayaran dilakukan setelah 
        lewat batas 10 sampai 15 hari akan mendapat potongan 1%. Pembayaran neto paling 
        lambat 30 hari.
    c. Syarat EOM (end of month) yang artinya harga neto faktur harus dibayar pada akhir 
        bulan atau pada bulan dimana transaksi penjualan itu terjadi.

4. Syarat penyerahan barang
    a. FOB Shipping Point
        Akan memunculkan beban angkut pembelian.
    b. FOB Destination Point (Cost and Freight)
        Akan memunculkan beban angkut penjualan

5. Rabat
    Potongan harga yang disepakati oleh pembeli dan penjual. Harga faktur dikurangi 
    dengan rabat disebut harga kontrak. Rabat dapat menajdi senjata bagi mereka 
    (perusahaan) untuk meningkatkan penjualan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar