SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Sabtu, 07 Juli 2012

Sapi Fermentasi Urine (Bison bonasus L) sebagai Pupuk Cair

Tanaman sebagai makhluk hidup membutuhkan makanan / nutrisi untuk hidup dan berkembang biak. Tanaman mendapatkan makanan, terutama dari cadangan mineral dalam tanah yang terkandung dalam bahan organik, limbah organik, bakteri pengikat nitrogen, endapan melalui udara, dll Nutrisi yang berasal dari tanaman darat akan diubah menjadi karbohidrat melalui proses fotosintesis tanaman.
Ketersediaan tanaman pangan dipengaruhi oleh kesuburan tanah. Kesuburan tanah adalah kemampuan tanah untuk menyediakan nutrisi dalam jumlah yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan proliferasi. Definisi ini seringkali dipahami terlalu sempit dengan hanya mempertimbangkan sifat kesuburan kimia / tanah yang hanya menyangkut jumlah dan ketersediaan nutrisi yang terkandung dalam tanah. Konsep kesuburan tanah sebenarnya jauh lebih luas. Aspek kesuburan tanah adalah sifat fisik tanah, kepadatan tanah, struktur tanah dan porositas / kerenggangan tanah / air kemampuan menyerap.
Untuk mendapatkan kesuburan tanah diperlukan penambahan bahan yang mengandung nutrisi. Nutrisi organik dapat diperoleh dari fermentasi urine sapi. Sapi (Bison benasus L) adalah ruminansia besar yang memiliki banyak manfaat baik bagi manusia atau tanaman, seperti daging, susu, kekuasaan kulit, dan kotoran. Selain itu, Urine sapi (Bison benasus L) dapat dibuat pupuk cair sebagai pestisida untuk tanaman.
Pupuk cair dari urine sapi (Bison benasus L) sangat mudah dan tidak butuh waktu lama dan baik untuk tanaman dibandingkan dengan pabrik pupuk buatan. Bahan yang digunakan untuk membuat pupuk cair juga mudah tersedia dan relatif rendah biaya.
Dalam dunia pertanian, urin sapi bermanfaat bagi petani karena air seni sapi mengandung berbagai nutrisi yang dapat digunakan sebagai pupuk cair. Sebelum digunakan sebagai pupuk pertanian, urin sapi difermentasi terlebih dahulu. Cara fermentasi urin sapi sebagai berikut:
Bahan:

·          Sebanyak 20 liter urin sapi
·          1 kg gula merah atau molasses 1 liter
·          Semua jenis tanaman obat (lengkuas, kunyit, temu ireng, jahe, kencur, brotowali) setiap kilogram 1/2
·          Perendaman air 1 cangkir kedelai atau urea 1 sendok makan
·          Untuk mendapatkan fermentasi maksimum diperlukan pengurai bakteri (EM4, Simba, Mbio)
·          4 liter air
Bagaimana membuat fermentasi urine sapi:
·          Sapi urin (Bison benasus L) ditampung dan dimasukkan ke dalam drum plastik
Lengkuas, kunyit, temu ireng, jahe, kencur, brotowali ditumbuk dan kemudian dimasukkan ke dalam drum plastik. Penambahan bahan untuk menghilangkan bau dan memberikan rasa urin sapi tidak diinginkan untuk hama.
·          Setelah itu, molase dimasukkan ke dalam drum plastik, kemudian dimasukkan starter Sacharomyces cereviceae. Tetes dan starter Sacharomyces cereviceae ini berguna untuk fermentasi dan nantinya setelah menjadi pupuk cair dapat meningkatkan jumlah mikroba bermanfaat yang ada di dalam tanah.
·          Fermentasi urine sapi didiamkan selama 14 hari dan diaduk setiap hari.
·          Drum plastik ditutup dengan kain serbet atau kertas.
·          Akhirnya, Setelah 14 hari pupuk cair disaring dan dikemas.
sumber gambar: lengser.wordpress.com
Urine sapi sering menyebabkan masalah lingkungan karena menciptakan bau yang tidak menyenangkan. Namun, setelah sentuhan teknologi fermentasi dalam urin fermentasi bentuk sapi dapat digunakan sebagai pupuk organik. Pupuk sangat baik untuk kembali kesuburan tanah. Dengan fermentasi urin sapi adalah penggunaan pupuk kimia dapat dikurangi hingga 50% untuk tahap pertama, dan tahap berikutnya dari penggunaan pupuk kimia dapat dikurangi bahkan lebih.

1 komentar:

  1. Saya Suryanto dari Indonesia di Kota Palu, saya mencurahkan waktu saya di sini karena janji yang saya berikan kepada Ibu ESTHER PATRICK yang kebetulan adalah Tuhan yang mengirim pemberi pinjaman online dan saya berdoa kepada TUHAN untuk dapat melihat posisi saya hari ini.

    Beberapa bulan yang lalu saya melihat komentar yang diposting oleh seorang wanita bernama Nurul Yudianto dan bagaimana dia telah scammed meminta pinjaman online, menurut dia sebelum ALLAH mengarahkannya ke tangan Ibu. ESTHER PATRICK. (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Saya memutuskan untuk menghubungi NURUL YUDIANTO untuk memastikan apakah itu benar dan untuk membimbing saya tentang cara mendapatkan pinjaman dari LADY ESTHER PATRICK, dia mengatakan kepada saya untuk menghubungi Lady. Saya bersikeras bahwa dia harus memberi tahu saya proses dan kriteria yang dia katakan sangat mudah. dari Ibu. ESTHER, yang perlu saya lakukan adalah menghubunginya, mengisi formulir untuk mengirim pengembalian, mengirim saya scan kartu identitas saya, kemudian mendaftar dengan perusahaan setelah itu saya akan mendapatkan pinjaman saya. . Lalu saya bertanya kepadanya bagaimana Anda mendapatkan pinjaman Anda? Dia menjawab bahwa hanya itu yang dia lakukan, yang sangat mengejutkan.

    Saya menghubungi Ibu ESTHER PATRICK dan saya mengikuti instruksi dengan hati-hati untuk saya, saya memenuhi persyaratan mereka dan pinjaman saya disetujui dengan sukses tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akun saya, saya diminta membuat janji untuk membagikan kabar baik tentang Ibu. ESTHER PATRICK dan itulah mengapa Anda melihat posting ini hari ini untuk kejutan terbesar saya, saya menerima peringatan Rp350.000.000. jadi saya menyarankan semua orang yang mencari sumber tepercaya untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Ibu. ESTHER PATRICK melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)untuk mendapatkan pinjaman yang dijamin,
    Anda juga dapat menghubungi saya di Email saya: (suryantosuryanto524@gmail.com)

    BalasHapus