SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Jumat, 25 Mei 2012

Air Terjun Otak Kokoq-LOMBOK

 

 

Pengelolaannya memang sederhana, namun obyek wisata ini mampu menyedot pengunjung yang sangat banyak. Wisata Air Terjun Otak Kokoq memang hanya dikunjungi oleh wisatawan lokal. Tetapi mampu memberikan konstribusi besar bagi pendapatan daerah. Berada di kaki pegunungan (gunung rinjani), tempat wisata yang juga sering disebut Joben (nama kampung sebagai lokasi wista) memberikan kesejukan dengan hawanya yang sangat dingin.
Otak Kokok menjadi pilihan pavorit bagi pelajar yang menghadapi liburan sekolah. Hampir setiap hari minggu, pariwisata yang terdiri dari air terjun, kolam renang dan hutan lindung ini dipadati ABG. Tidak hanya itu, para ibu-ibu bersama keluarganya juga datang meskipun hanya sekedar menikmatai nuansa alamnya yang adem.

Air terjun yang dulunya terkenal mampu menyembuhkan bebagai macam penyakit ini berada di wilayah kecamatan Montong Gading, Kabupaten Lombok Timur, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Konon, ketika seorang yang berpenyakitan mandi di sini, maka air bekas mandi akan berubah menjadi putih, persis seperti air bekas cucuin beras. Dari keterangan warga setempat, air terjun ini mampu menyembuhkan penyakit reumatik, pegal-pegal, kudis, panu dan kurap.

Tetapi itulah cerita sebelum direnovasi. Kini khasiatnya tak terdengar lagi. Hanya saja tetap mampu menyembhkan penyakit stress, tentunya. Penulis memiliki pengalaman tersendiri saat bberkunjung pertama kali ke tempat ini. Saat itu sekitar tahun 1985-an (masih SD). Tempat ini masih sangat alami sebagaimana bentuk awalnya. Untuk mengunjunginya pun harus berjalan kaki sejauh + 5 km.

Kini, Otak Kokoq menjadi salah satu andalan pariwisata Lombok Timur. Hanya dengan uang Rp. 2000, Anda sudah bisa menikmati tiga fasilitas wisata sekaligus, yaitu air terjun, kolam renang dan hutan lindung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar