SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Jumat, 25 Mei 2012

Taman Laut Nasional Bunaken


bunakenTaman Laut Bunaken dikenal dengan keindahan bawah lautnya yang sangat luar biasa. Ada banyak jenis ikan yang ada di taman bawah laut Bunaken. Diperkirakan, kurang lebih ada sembilan puluh satu jenis ikan, molusca, terumbu karang, dan lain sebagainya. Tentu saja, keberagaman tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi pulau ini. Bahkan, Bunaken merupakan salah satu ekosistem yang memiliki keanekaragaman kekayaan laut yang terbanyak di dunia.
Taman Laut Nasional Bunaken merupakan perwakilan ekosistem perairan tropis Indonesia yang terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang lamun, terumbu karang, dan ekosistem daratan/pesisir.
Bunaken berada di Teluk Manado dengan luas 8,08 km², terletak di utara pulau Sulawesi, Indonesia. Bunaken merupakan bagian dari pemerintahan kota Manado, ibu kota Sulawesi Utara. Taman laut di sekitar Bunaken adalah bagian dari Taman Nasional yang juga termasuk laut sekitar pulau Manado Tua yaitu Siladen dan Mantehage.
Taman Laut Bunaken memiliki 29 titik selam (dive spot) dengan kedalaman mulai 1.344 meter. Dari 20 titik selam. 12 titik selam diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Ke 12 titik selam inilah yang kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemadangan laut.
Untuk menikmati keindahan permukaan bawah laut Taman Laut Bunaken, bisa menggunakan kapal semi selam yang terdapat di lepas pantai pulau Bunaken. Kapal semi selam tersebut didalamnya terdapat dinding-dinding berkaca. Melalui dinding-dinding kaca itu, kita bisa menikmat kehidupan dan keindahan bawah laut. Baik berbagai jenis ikan, terumbu karang, maupun biota laut lainnya.
Bagi anda yang berkunjung kesana, pasti takkan menyesal datang jauh-jauh kesana. Karna terbayarkan oleh keindahan alam yang di suguhkan disana. Indonesia memang tak pernah kehabisan tempat-tempat indah dan mempesona. Tapi untuk menjaga tempat ini tatap indah dan bersih, haruslah ada kerja sama antara masyarakat dan Pemerintah untuk menjaga dan melestarikannya.
bunaken2
bunaken-taman-laut

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar