SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Jumat, 25 Mei 2012

Wisata Ciater, Berendam Air Panas Alami Bugarkan Diri


Sampai saat ini, tempat wisata Ciater masih banyak diminati. Selain sebagai tempat refreshing karena tersedia berbagai fasilitas yang lengkap dan memadai, sebagian besar pengunjung memanfaatkan pemandian air panasnya sebagai terapi kesehatan, terutama untuk penyembuhan penyakit kulit dan tulang. Karena konon kabarnya, mata air panas Ciater tersebut berasal dari kawah aktif Gunung Tangkuban Perahu, yang terletak tidak jauh dari obyek wisata.
Kompleks pemandian air panas alami Ciater atau Sari Ater terletak di Desa Ciater, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Indonesia. Untuk menuju lokasi dapat dilakukan dari semua arah, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Dari Bandung-Ciater dengan jarak tempuh 32 Km, Lembang-Ciater 15 Km, Kawah-Ciater 7 Km, Subang – Ciater 30 Km, Jakarta-Ciater melalui arah puncak 212 Km, Jakarta-Ciater melalui Tol Cikampek-Bekasi 185 Km.
Sesampainya di Ciater, pengunjung dapat memilih lokasi mana yang ingin didatangi karena di tempat wisata ini ada beberapa pihak yang mengelola sejumlah tempat pemandian air panas. Selain menyajikan pemandian air panas alami, di Ciater juga terdapat kolam umum yang menyediakan fasilitas kamar-kamar yang disewakan. Di dalam kamar-kamar ini, pengunjung akan mendapatkan privacy dan kenyamanan berendam untuk menikmati sensasi air hangat sepuasnya. Selain itu, di obyek wisata ini juga disediakan fasilitas bungalow bagi yang ingin menginap.
Berendam di Ciater akan membuat aliran darah terasa lancar, sehingga badan akan terasa bugar. Khasiat air panas Ciater memang sudah teruji secara klinis. Berdasarkan hasil pengkajian tentang manfaat mandi air alam dan air kesehatan, air di Ciater mengandung kalsium, magnesium, chloride, sulfat, thermo, mineral, serta hypertherma dengan kadar aluminium yang tinggi yaitu 38,5 equiv persen, dan keasamannya juga sangat tinggi yaitu dengan ph 2,45. Air panas yang langsung berasal dari mata air Ciater diperkirakan bersuhu 43—46 derajat celcius. Sedangkan air yang sudah dialirkan ke kolam pemandian kadar temperaturnya rata-rata berkisar dari 37—42 derajat celsius.
Selain dapat mengobati penyakit kulit, manfaat yang terkandung di dalam aliran air panas Ciater juga diyakini berkhasiat untuk terapi penyembuhan reumatik, gangguan syaraf dan tulang, serta penyembuhan kelumpuhan yang diakibatkan oleh penyakit darah tinggi atau stroke. Hal ini disebabkan karena air panas yang terdapat di Ciater mengandung belerang dengan komposisi yang ideal untuk kesehatan. Tentu saja khasiat dari air panas Ciater ini akan dapat dirasakan jika terapi dengan berendam dilakukan secara rutin dan teratur. Untuk menunjang kebutuhan pengunjung akan hal tersebut, di Ciater juga disediakan fasilitas tempat terapi pengobatan.
Tidak hanya pesona wisata alami dan terapi kesehatan yang didapatkan di tempat tujuan wisata Ciater. Banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti bersepeda, berenang, memancing, berperahu dan mendayung, arung jeram, berkuda, tenis lapangan, basket, voli, mini golf, gokart, berkemah, outbond, wahana permainan anak-anak, jalan-jalan di perkebunan teh, hingga mengunjungi kerajinan keramik.
Selain pemandian air panas, di Ciater juga terdapat obyek wisata lain berupa Ciater Spa dan Pusat Pacuan Kuda Ciater. Ciater Spa adalah suatu tempat medical dan health centre yang juga memberikan fasilitas wisata sehingga pengunjung dapat melakukan pengobatan secara modern dan canggih untuk merehabilitasi berbagai penyakit sambil berekreasi bersama keluarga. Fasilitas rekreasi yang disediakan antara lain kolam rendam air panas, camping ground, berperahu pada danau buatan serta disediakan juga resort untuk beristirahat.
Sedangkan Pusat Pacuan Kuda Ciater terletak dalam kawasan Ciater Highland Resort di tengah perkebunan teh yang menghampar luas. Merupakan salah satu pusat pacuan kuda yang mempunyai fasilitas yang cukup lengkap bagi para penggemar olahraga berkuda. Fasilitas indoor dengan luas 7000 m2 dan outdoor untuk berlatih kuda juga istal beserta sarana penunjang lainnya yang dapat menampung lebih dari 800 ekor kuda adalah fasilitas yang tersedia di sana. Para pengunjung dapat menikmati keindahan pesona alam perkebunan teh baik di dalam kawasan resort ataupun di luar kawasan resort sambil berkuda, cross country ataupun buggy trail adalah aktivitas yang patut dicoba.
Sebelum pulang, jangan lupa membeli buah nanas, buah kebanggaan kota Subang. Buah nanas di sini penuh air dan manis. Atau sempatkan diri mencicipi sajian khas, sate dan sop kelinci, yang diperdagangkan di banyak warung makan sepanjang perjalanan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar