RANCANGAN
PELAKSANAAN PEMBELAJARA
Mata pelajaran : Akuntansi
Satuan
pendidikan : SMK
Kelas/ semester : XI IPS/2
Waktu : 1X 45 menit
Standar
kompetensi : mengelola kartu utang
Kompetensi dasar :
membukukan data mutasi utang, mengecek saldo dan membuat laporan utang
I.
Indikator
·
Saldo awal utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
terverifikasi
·
Jumlah mutasi utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
terbukukan ke kartu utang
·
Kebenaran saldo utang
teridentifikasi
·
Tanggal jatuh tempo
teridentifikasi
·
Laporan utang
tersajikan sesuai dengan format yang ditetapkan
II.
Tujuan
pembelajaran
1. siswa
dapat mengidentifikasikan saldo awal utang
2. siswa
dapat mengidentifikasi data mutasi utang
3. siswa
dapat memverifikasi data mutasi utang
4. siswa
dapat mengidentifikasi jumlah mutasi utang
5. siswa
dapat membukukan data mutasi utang ke dalam kartu utang
6. siswa
dapat mengidentifikasi saldo utang
7. siswa
dapat mengidentifikasi tanggal jatuh tempo
8. siswa
dapat menyajikan laporan utang sesuai dengan format yang di tetapkan
III.
Materi
pembelajaran
1.
Mengidentifikasi
dan membukukan data mutasi utang
Pemeriksaan
terhadap dokumen yang mendukung saldo utang bertujuan untuk mencocokan mutasi
utang dengan buktinya, agar diperoleh informasi jika ada dokumen yang belum
dicatat ke dalam jurnal
2.
Melakukan
pengecekan saldo utang
Pengecekan
saldo utang adalah pencocokan saldo akun buku besar utang dengan daftar saldo.
Prosedur nya antara lain:
-
Mengadakan inventarisai dan rekapitulasi atas
transaksi dan kartu utang setiap kreditor
-
Mem-posting transaksi
yang berasal dari catatan buku jurnal ke dalam buku akun utang
-
Saldo akir menurut
ctatan daftar saldo utang harus sama dengn catatan pada akun utang dagang
3.
Membuat
laporan utang
Tugas
utama bagian utang adalah mencatat jumlah utang dan memeriksa pembayaranutang
sesuai dengan tanggal jatuh tempo utang. Secara periodic pengelola harus
membuat laporan saldo utang
IV.
Metode
pembelajaran
a. Pendekatan
: Keterampilan proses
b. Metode : ceramah, Tanya jawab,
dan penugasan.
V.
Langkah
langkah pembelajaran
·
Kegiatan awal ( 5 menit
)
Guru
|
siswa
|
-
Guru membuka
pelajaran dengan mengucapkan salam.
-
Apesepsi : guru bertanya kepada siswa tentang definisi kartu utang
-
- Motivasi :
guru memberikan informasi tentang pentingnya definisi kartu utang
-
Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan menginformasikan tentang metode
pembelajaran yang akan digunakan.
|
-
Siswa menjawab salam
guru
-
Siswa menyimak
pertanyan, dan menjawab jika bias
-
Siswa menyimak guru
|
§ Kegiatan
inti ( 25 menit)
guru
|
siswa
|
-
Guru menerangkan
tentang materi pertama
-
Setelah materi
pertama selesai guru akan bertanya kepada siswa yang belum paham, jika tidak
ada maka guru akan melanjutkan pembahasan
-
Guru menyampaikan
materi ke dua
-
Diulangi dengan
menanyakan kepada siswa yang belu mengerti
-
Guru menyampaikan
materi selanjutnya
-
Dan kembali bertanya
jika ada siswa yang belum mengerti.
-
Guru memberikan
beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi yang telah dijelaskan
|
-
Siswa mendengarkan
tentang materi yang dijelaskan
-
Siswa bertanya jika
ada yang belum dimengerti
-
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
-
Siswa bertanya kepada
guru tentang materi yang belum dimengerti
-
Siswa mendengarkan
penjelasan guru
-
Siswa bertanya kepada
guru tentang materi yang belum dimengerti
-
Siswa menjawab
pertanyaan pertanyaan yang diberikan oleh guru.
|
§ Kegiatan
penutup dan tindak lanjut (15 menit)
Guru
|
siswa
|
-
Guru memberikan
kesimpulan kepada siswa tentang materi 1, 2, dan selanjutnya
-
Guru memberikan tes
tulis kepada siswa
-
Guru menyuruh siswa mengumpulkan
tes tulis setelah 10 menit
-
Guru menutup
pembelajaran dengan mengucapkan salam
|
-
Siswa mendengarkan
kesimpulan yang diberikan oleh guru
-
Siswa mengrjakan tes
tulis
-
Siswa mengumpulkan
tes tulis
-
Siswa menjawab salam
|
VI. Alat
bahan dan Sumber belajar
Alat : LCD, papan tulis spidol
Bahan : LKS
Sumber :
i.
Alam S., akuntansi unutk SMK kelas XI,2, Jakarta
2007
VII.
Evaluasi dan penilaian
a. Tekhnik
penilaian : tes dan non tes
b. Bentuk
penilaian :
i.
Tes :
tes tulis
ii.
Non tes : pengamatan
dan Tanya jawab
c. Instrumen
penilaian :
i.
Penilaian kognitif
a. Mengadakan
ulangan harian / uji kompetensi
b. Mengadakan tes lisan
Soal :
terlampir
ii.
Penilaian afektif
§ Kesungguhan
siswa dalam mengikuti pelajaran
§ Kesungguhan
siswa dalam mengerjakan tugas tugas
§ Kesungguhan
siswa dalam mengerjakan soal- soal
VIII. Analis
hasil belajar dan program tindak lanjut
1.
program remedial
2. Penugasan
LEMBAR PENILAIAN
Aspek : Kognitif
Indikator :
·
Saldo
awal utang teridentifikasi
·
Data mutasi utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
terverifikasi
·
Jumlah mutasi utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
terbukukan ke kartu utang
·
Kebenaran saldo utang
teridentifikasi
·
Tanggal jatuh tempo
teridentifikasi
·
Laporan utang
tersajikan sesuai dengan format yang ditetapkan
a.
Kelas/ semester : XI IPS / 2
No
|
Nama
|
No. soal
|
Skor
|
keteranga
|
|||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
No
|
Aspek yang di ingini
|
Skor maksimum
|
1
|
Jawaban siswa kurang tepat
|
40
|
2
|
Jawaban siswa tidak lengkap, tapi benar
|
75
|
3
|
Jawaban siswa lengkap dan benar
|
100
|
LEMBAR
PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek : Afektif
Indikator :
·
Saldo
awal utang teridentifikasi
·
Data mutasi utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
terverifikasi
·
Jumlah mutasi utang
teridentifikasi
·
Data mutasi utang
terbukukan ke kartu utang
·
Kebenaran saldo utang
teridentifikasi
·
Tanggal jatuh tempo
teridentifikasi
·
Laporan utang
tersajikan sesuai dengan format yang ditetapkan
Kelas/ semester : XI IPS / 2
No
|
Komponen
|
keterangan
|
|||
SL
|
SE
|
JR
|
TP
|
||
1
|
Saya mengikuti
pelajaran akuntansi
|
|
|
|
|
2
|
Saya tidak mengikuti
pelajaran akuntansi
|
|
|
|
|
3
|
Saya merasa pelajaran
akuntansi bermanfaat
|
|
|
|
|
4
|
Saya berusaha
mengerjakan tugas tepat waktu
|
|
|
|
|
5
|
Saya selalu
mengerjakan soal / latihan dirumah
|
|
|
|
|
6
|
Saya selalu
mendiskusikan materi posting
|
|
|
|
|
7
|
Saya berusaha mencari
referensi di perpustakaan
|
|
|
|
|
keterangan
Aspek yang dinilai
|
Skor pernyataan positif
|
Skor maksimum
|
1 = selalu
|
4
|
4
|
2 = sering
|
2
|
3
|
3= jarang
|
3
|
2
|
4= tidak pernah
|
1
|
1
|
LAMPIRAN
Soal
dan jawaban
Berdasarkan informasi dibawah ini
buatlah kartu utang, jurnal yang di perlukan dan buku besar
PD irapunya mempunyai saldo pada pt bca
sebesar 7.000.000 pada tanggal 1 januari 2010
januari
4 dibeli barang dagangan dari pt abc
seharga rp.5.000.000,- . dengan faktur nomor 102, dan syarat 2/10, n/30.
januari
8 dibayar kepada pt bca sebesar
rp.7.000.000 untuk faktur 099 dan bukti kas no 321
januari
11 dikembalikan barang yang rusak kepada
PT abc seharga Rp. . 2.000.000,
unutk faktur102 dan bukti kas 329
januari
15 dibayar kepada PT abc sebear Rp.8.000.000,
untuk faktur 102, . dan
bukti kas nomor 329
januari
20 dibeli barang dagangan kepada
PT.bca seharga Rp.2.000.000 dengan faktur
nomor 201, syarat 2/10, n/30
Jawaban :
a. Kartu
utang
|
|||||||||||||||||||||||||
|
b. Jurnal
yang diperlukan
a. Jurnal
pembelian
PD
LANGGENG JAYA
Jurnal
pembelian
Bulan
agustus 2008
Tanggal
|
No
faktur
|
Kreditor
|
Syarat
pembayaran
|
Ref
|
Pembelian
(D)
Utang
dagang (K)
|
|
Agust
2008
|
4
20
|
102
210
|
Pt
abc
Pt
bca
|
|
|
5.000.000
2.000.000
|
b. Jurnla
pengeluaran kas
PD
LANGGENG JAYA
Jurnal
pengeluaran kas
Bulan
agustus 2008
Tanggal
|
Keterangan
|
Ref
|
debet
|
kredit
|
||||
Utang
dagang
|
pemb
|
Serba serbi
|
Pot
pembe
|
kas
|
||||
Agust
2008
|
8
20
|
Pt bca
Pt abc
|
|
7.000.000
8.000.000
|
|
|
|
7.000.000
8.000.000
|
c. Jurnal
umum
PD
LANGGENG JAYA
Jurnal
umum
Bulan
agustus 2008
Tanggal
|
Ketrangan
|
Ref
|
Debet
|
kredit
|
|
Agust 08
|
11
|
Utang dagang
Retur pembelian
( mencatan retur PT Mayora )
|
|
2 000 000
|
2 000 000
|
a. buku
besar
tanggal
|
Keterangan
|
Ref
|
debet
|
Kredit
|
saldo
|
|
Agust
2008
|
1
28
28
28
|
Saldo
Penambahan utang
Pembayaran utang
Retur
|
Jpb
Jkk
Ju
|
13.000.000
2
000 000
|
7.000.000
|
7.000.000
15.000.000
2.000.000
0
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar