SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Rabu, 27 Juni 2012

PTK Biologi BAB V


BAB V
SIMPULAN DAN SARAN
5.1. Simpulan
Berdasarkan hasil analisis dan refleksi terhadap data yang diperoleh selama pelaksanaan tindakan dapat diambil simpulan sebagai berikut :
1). Pada pelaksanaan siklus I tingkat aktivitas siswa rata-rata masih rendah, keterlibatan siswa dalam diskusi kelompok mencapai 41,5%. Keterlibatan siswa dalam diskusi kelas kelas mencapai 50%, sedangkan tingkat kemampuan siswa dalam mengenal cara-cara perkembangbiakan makhluk hidup 67,67%
2). Pada pelaksanaan siklus II, tingkat asktivitas siswa dalamn kegiatan pembelajaran mengalami kenaikan aktivitas yang mencapai 70%. Sedangkan dalam diskusi antar kelompok mencapai 65%. Kenaikan kemampuan mengenal cara-cara perkembangbiakan mahluk hidup mencapai 81,75%.
Kenaikan aktivitas dan hasil belajar yang dicapai pada siklus II ini disebabkan oleh siswa lebih mempersiapkan diri dengan meteri agar yang akan didiskusikan, rasa percaya diri siswa lebih tinggi. Kelompok yang satu sering dimotivasi oleh kelompok lain, masing-masing kelompok akan berusaha mempertahankan kelompoknya.
3). Pemilihan metode pembelajaran yang lepas dapat merangsang siswa dalam mengembangkan aktivitas dan kreativitasnya.
4). Dari hasil analisis terdapat 37 orang siswa dari 40 orang siswa telah mencapai ketuntasan belajar 92% dengan nilai rata-rata 8,2.
5). Berdasarkan data hasil belajar yang diperoleh diatas, maka pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar dapat meningkatkan kemampuan siswa mengenal cara-cara perkembangbiakan pada siswa kelas III3 SMP Negeri 1 Sape tahun 2006 / 2007.
5.2. Saran
Dari hasil penelitian yang dilaksanakan dapat dikemukakan saran sebagai berikut :
1). Dalam pelakasanaan pembelajaran dengan menggunakan model Cooperatif tipe Stad dengan Lks bergambar guru di tuntut lebih memperhatikan siswanya terutama sistem monitoring yang lebih efektif dan efisien.
2). Pembelajaran melalui metode diskusi yang di sertai dengan LKS bergambar dapat menimbulkan dampak positif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta dapat mendidik siswa lebih kreatif mandiri maka perlu dilakukan pengembangan lebih lanjut.
3). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) perlu di budayakan di kalangan guru agar terbiasa melaksanakan penelitian-penelitian walaupun dengan skala kecil.
4). Bagi guru mitra yang akan menggunakan perangkat dan model pembelajaran ini, hendaknya sebelum menggunakan terlebih dahulu melakukan simulasi dan selalu berkonsultasi dengan peneliti, sehingga kekurangan yang terjadi pada uji coba ini dapat teratasi sebelum mengajarkan di kelas.

Lampiran 4
Lampiran . Analisis keterlaksanaan KBM dalam PBM menggunakan model pembelajaran Cooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar
Siklus I
1.
Jumlah langkah KBM terlaksana
Jumlah langkah yang harus dilakukan sesuai Rp
%
8
10
80%
Siklus II
1.
Jumlah langkah KBM terlaksana
Jumlah langkag yang harus dilaksanakan sesuai Rp
10
10
100%
Rata-rata
90%

Lampiran 5
Analisis Data Angket dalam proses KBM menggunakan LKS bergambar
No
Uraian
Senang
Uraian
Tidak senang
Jumlah
Presentase
I.
Bagaimana pendapat terhadap kompenen kegiatan belajar mengajar berikut ini :
1. TopikBiologi yang dipelajari
2. LKS
3. Buku siswa
4. Suasana kelas
5. Penampilan
6. Strategis belajar yang dilatihkan oleh guru
40
37
36
35
35
40
0
3
4
5
5
0
40
40
40
40
40
40
100%
92%
90%
85%
85%
100%
II.
Bagaimana pendapatmu terhadap komponen berikur
1. Topik Bioliogi yang dipelajari
2. LKS
3. Buku kelas
4. Suasana kelas
5. Penampilan guru
6. Stragi belajar yang dilatihkan oleh guru
Baru
30
38
20
29
40
38
Tidak tau
10
2
20
11
0
2
Jumlah
40
40
40
40
40
40
%
75%
95%
50%
72%
100%
95%
III.
Apakah kamu berminat mengikuti KBM berikutnya seperti yang telah kamu ikuti
Ya
40
Tidak
0
Jumlah
40
%
100%
IV
Berikan komentarmu terhadap buku siswa mengenai :
a. Bahasanya mudah dimengerti
b. Penampilan buku menarik
c. Isi buku menarik
Ya
38
37
40
Tidak
2
3
0
Jumlah
40
40
40
%
95%
92%
100%
Lampiran 6
Rencana Pembelajaran
Satuan Pendidikan : SMP
Mata Pelajaran : IPA BIOLOGI
Kelas/ Semester : III/I
Bahan Kajian : Kelangsungan hidup organisme
Pokok Bahasan : Kelangsumgan hidup organisme terlihat kenyataan tetap lestarinya jenis organisme tersebut melalui perkembabiakan, adaptasi maupun seleksi alam
Alokasi waktu : 45 menit
Pertemuan :
1. KOMPETENSI DASAR
Mengkomunikasikan pemahaman kelangsungan hidup organisme.
B. HASIL BELAJAR
Mengidentifikasi kelangsungan hidup organisme melalui adaptasi, seleksi alam dan perkembangbiakan
C. INDIKATOR
1. Produk
a. Menjelaskan manfaat perkembang biakan bagi makhluk hidup.
b. Membandimgkan contoh-contoh perkembangbiakan aseksual yang berbeda.
c. Membandingkan contoh-contoh perkembangbiakan seksual yang berbeda.
d. Memberi contoh masing-masing cara perkembangbiakan aseksual.
e. Memberi contoh masing-masing cara perkembangbiakan seksual.
2. Proses
a. Melakukan pengamatan.
b. Mendiskusikan macam-macam perkembangbiakan.
c. Membandingkan dan membedakan.
3. Ketrampilan Sosial
a. Mengajukan pertanyaan.
b. Bekerja sama dengan teman kelompok.
c. Mengajukan ide/pendapat.
d. Menghargai pendapat teman atau guru.
D. MODEL PEMBELAJARAN
- Model Pembelajaran Kooperatif.
- Model Pembelajaran Konsep.
E. SUMBER PEMBELAJARAN
- Buku siswa Bab 2 tentang perkembangbiakan makhluk hidup.
- Lembar kegiatan siswa.
F. ALAT DAN BAHAN
- Kertas manila.
- Spidol.
- LKS.
G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
a. Pendahuluan (5 menit)
1. Guru mengaitkan pelajaran hari ini dengan pertemuan sebelumnya.
2. Guru menginformasikan pada siswa indikator yang akan dicapai melalui pelajaran ini (fase 1)
b. Kegiatan inti (75 menit)
1. Guru membagi siswa dalam kelompok-kelompok yang terdiri dari 5 orang siswa (fase 2)
2. Guru menginformasikan tentang tujuan dari ciri pembelajaran kooperatif pada siswa
3. Guru membagikan LKS pada masing-masing siswa (fase 3)
4. Guru menjelaskan langkah-langkah penting dalam mengerjakan LKS
5. siswa diminta menjawab LKS tersebut melalui diskusi dengan teman kelompok dan guru membimbing mereka melakukan kegiatan (fase 4)
6. Guru meminta salah satu kelompokmempersentasekan hasil kerja kelompoknya, baru menjadi moderator diskusi itulah mendapatkan kesimpulan tentang cara-cara perkembangbiakan makhluk hidup
7. Guru memberikan penghargaan atau pujian pada kelompok yang berprestasi
c. Penutup (10 menit)
Pada bagian akhir siswa merangkum tentang cara-cara pembiakan makhluk hidup.



Lampiran 8
LEMBARAN OBSERVASI AKTIVITAS GURU
NO
KEGIATAN
PENYAJIAN
KOMENTAR
B
C
K
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
Membuka Pelajaran
Mengadakan tes awal
Menyajikan materi pelajaran secara garis besar
Membagikan topik atau bahan yang akan didiskusikan
Memberikan kesempatan kepada masing – kelompok untuk menyampaikan pendapat
Memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi
Memberikan kesimpulan dari pendapat – pendapat siswa
Keterangan : B = Baik
C = Cukup
K = Kurang
Sape, Nopember 2006
Pengamat
( Ahmad Tayeb )
NIP. 130924156

Lampiran 7
LEMBARAN OBSERVASI KEGITAN BELAJAR MENGAJAR
No
Aspek yang diamati
KRITERIA Ya Tidak
1
2
3
4
A.
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
B.
1.
2.
Perencanaan Pembelajaran
Guru menyusun program pembelajaran, satuan pelajaran dan Rencana pembelajaran
Bahan pembelajaran sesuai dengan kurikulum disertai daya pembelajaran
TPK ditumuskan secara jelas, lengkap dan operasional
Kegiatan belajar mengajar sesuai dengan tujuan, bhan dan alokasi waktu
Media pembelajaran sesuai dengan tujuan pembelajaran
Enis dan prosedur pembelajaran sesuai dengan Rp
Tulisan dapat dibaca dengan mudah, pola kalimatnya baku dan komunikatif serta penulisannya sesuai dengan Rp
Proses Belajar Mengajar
Kegiatan Guru
a. Menyediakan pembelajaran yang dilakukan selain LKS
b. Menyediakan sumber belajar
c. Membuka kegiatan belajar mengajar tepat waktu
d. Melakukan langkah-langkah KBM sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan
e. Memberi petunjuk dan penjelasan cara mengerjakan
f. Memberikan kesempatan kepada siswa untuk terlibat dalam KBM
g. Memotivasi siswa dalam diskusi
h. Membimbing siswa dalam diskusi
i. Melaksanakan evaluasi proses hasil belajar
j. Memberikan tindak lanjut
k. Menutup KBM tepat waktu
Kegiatan Siswa
l. Aktif menanyakan hal-hal yang belum jelas
m. Sebagian besar siswa terlibat dalam diskusi kelompok
n. Sebagian besar siswa terlibat dalam diskusi kelas
- Kelompok berusaha menjawab setiap pertanyaan yang diajukan
o. Memberikan simbangan saran dalam menyusun kesimpulan
p. Mencatat hasil kesimpulan kegiatan belajar mengajar dalam buku catatan
Sape, Nopember 2006
Pengamat
(Ahmad Tayeb)
Nip. 130924156
DAFTAR PUSTAKA
  1. Depdiknas, 2004, Kurikulum Berbasis Kompetensi, PT. Remaja Rasda Karya, Bandung.
  2. Depdiknas, 2004, Materi Pelatihan Terintegrasi, Jakarta.
  3. Universitas terbuka, 2002, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta.
  4. Furkan Arif, 1982 : Pengatar Penelitian Pendidikan, Usaha Nasional, Surabaya.
  5. Tim Pelatihan Proyek PGSM, 1999, Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta.
  6. Dinas Pendidikan Nasional, 2003, Systim Pendidikan nasional, Jakarta.
  7. Nasir, Moh. Metode Penelitian, Ghalia Indonesia, Jakarta.
Amirudin 1995 : Pengantar Apresiasi Karya Sastra, Sinar Baru, Bandung

Tidak ada komentar:

Posting Komentar