BAB III
METODE PENELITIAN
3.1. Rancangan Penelitian
Prosedur penelitian tindakan kelas ini direncanakan dua siklus. Setiap siklus dengan perubahan
yang ingin dicapai. Untuk mengetahui tingkat kemampuan awal siswa dalam
mengenal cara-cara perkembangbiakan diberikan teks awal (pretes). Dari
evaluasi guru dapat merefleksi tindaka Prosedur penelitian tindakan
kelas ini direncanakan dua siklus. Setiap siklus dilaksanakan sesuai yang
digunakan untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam mengenal cara-cara
perkembangbiakan dan mengoptimalkan aktifitas dan kreatifitas siswa
dalam kegiatan belajar mengajar yaitu penerapan kooperatif tipe STAD
yang dilanjutkan dengan diskusi kelompok kemudian diskusi kelas.
Dengan berpedoman pada evaluasi diatas, maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas ini dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1). Perencanaan (planning).
2). Pelaksanaan tindakan (action).
3). Observasi (observation).
4). Refleksi (reflektion).
Agar lebih rinci prosedur penelitian kelas pada siklus I ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
3.1.1. Perencanaan (planning)
Adapun kegiatan yang dilaksanakan pada tahap ini adalah menyusun program pembelajaran dengan menerapkan metode diskusi. Dengan pendekatan kooperatif tipe
STAD menyusun lembar observasi, mempersiapkan media pembelajaran yang
diperlukan dalam rangkan peningkatan kemampuan siswa mengenal cara-cara
pembiakan makhluk hidup, mendesain alat evaluasi untuk mengukur
kemampuan siswa dalam mengenal cara-cara pembiakan makhluk hidup.
3.1.2. Pelaksanaan tindakan (action)
Pada
tahap pelaksanaan tindakan ini berbentuk proses interaksi antarara guru
dengan siswa. Langkah-langkah kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai
dengan desain pembelajaran dengan menggunakan metode diskusi melalui
pendekatan kooperatf tipe STAD dengan langkah-langkah berikut :
1. Tahap persiapan
- Langkah pertama guru mengajukan pertanyaan pengetahuan prasyarat siswa
- Langkah kedua memotivasi siswa dengan memperlihatkan gambar-gambar yang sudah di desain oleh guru berupa LKS
- Langkah ketiga guru menyatakan kegiatan utama pembelajaran
- Langkah keempat menyatakan permasalahan
- Langkah kelima membentuk kelompok Diskusi kecil beranggotakan empat sampai
Lima siswa, alokasi waktu sampai langkah kelima 120 menit.
2. Tahap kegiatan inti
Langka keenam menggunakan LKS bergambar dengan cara :
a. Setiap kelompok memilih amplop yang didalamnya berisi LKS bergambar
b. Bahan tersebut di diskusikan dengan kelompoknya masing-masing
c. Setelah diskusi kelompok selesai, masing-masing kelompok mempresentasekan hasil diskusinya dengan menggunakan charta
d. Setiap keberhasilan kelompok diberikan reward berupa bintang.
(alokasi waktu untuk langkah keenam ini tidak lebih dari 60 menit).
3. Tahap akhir
- Langkah ketujuh memberikan pertanyaan lanjutan dari hasil diskusi yang menuntun siswa menguasai konsep atau sub konsep
- Langkah kedelapan menarik kesimpulan
- Langkah kesembilan menutup proses pembelajaran dengan memberikan tugas penguatan materi.
(alokasi waktu untuk tahap ini maksimal 20 menit)
3.1.3. Observasi (observation)
Pada tahap ini dilaksanakan tahap observasi terhadap pelaksanaan tindakan. Alat observasi yang digunakan adalah lembar observasi yang telah disusun. Sebagai observator pada kegiatan ini adalah kepala atau salah seorang guru yang ditugasi.
3.1.4. Refleksi (Reflection)
Hasil
yang diperoleh dalam tahap obserfasi dikumpulkan dan dianalisa. Dari
proses analisa terhadap observasi, guru dapat merefleksi diri apakag
tindakan yang digunakan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
mengenal cara-cara pembiakan makhluk hidup. Selain lembar observasi,
guru dapat juga menggunakan jurnal yang dibuat saat guru selesai
melaksakan proses pembelajaran. Analisis hasil belajar siswa dilakukan
untuk memperoleh kesimpulan tentang tingkat kemampuan siswa mengenal cara-cara
pembiakan makhluk hidup. Hasil analisis ini data pada tahap ini akan
dipergunakan sebagai acuan untuk merencanakan kegiatan pada siklus
berikutnya.
3.2. Waktu dan Tempat Penelitian
Penelitian ini dilaksanakan selama 2 bulan yaitu pada bulan Oktober sampai dengan Nopember
2006. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sape kabupaten Bima
di kelas III.3. Jumlah siswa III.3 adalah 40 orang dan terdiri dari 18
siswa laki-laki dan 22 orang siswa perempuan dengan kemampuan siswa yang
heterogen.
3.3. Faktor Yang Diselidiki
Aspek yang diseliki pada penelitian ini adalah melihat kemampuan siswa kelas III 3 SMP Negeri 1 Sape mengenai:
a. Penerapan pendekatan kooperatif tipe STAD dengan LKS bergambar.
b. hasil belajar siswa dalam mempelajari konsep cara-cara perkembangbiakan makhluk hidup.
3.4. Metode Pengambilan Data
Metode Pengambilan Data merupakan suatu cara atau jalan yang ditempuh untuk mendapatkan data. Pengambilan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut :
a. Data aktivitas kelas diambil melalui obervasi pada saat pelaksanaan tindakan berlangsung dengan menggunakan lembar observasi.
b. Data hasil belajar siswadiambil setelah masing-masing siklus berlangsung.
c. Data tentang motivasi siswa diambil melalui angket setelah KBM berlangsung.
d. Data tentang keterkaitan antara perencanaan dengan pelaksanaan didapat dari rencana pembelajaran dan observasi.
3.4.1. Tehnik Analisis Data
Data hasil penelitian yang terhimpun diklasifikasikan atas dua jenis data yaitu kuantitatif. Data kualitatif berupa nilai para siswa pada setiap siklus. Dengan mempergunakan tehnik statistik data kuantitatif ditabulasikan dan dihitung rata-ratanya. Rata-ratanya dihitung melalui rumus :
X = ∑ƒ 1 x 1
∑ƒ 1
Keterangan :
X = Rata-rata nilai
ƒ 1= Jumlah siswa yang mendapat nilai dalam interval
X 1 = Angka tengah tiap interval kelas.
Rumusan
tersebut ditarapkan setelah data ditabulasikan ke dalam tabel
distribusi berkelompok. Dari hasil perhitungan ini akan diperoleh nilai
tertentu yang menggambarkan kemampuan siswa mengenal cara-cara
perkembangbiakan makhluk hidup.
3.5. Indikator Kinerja
Yang
menjadi indikator keberhasilan tindakan ini adalah bilamana kemampuan
siswa dalam mengenal cara-cara pembiakan mencapai tingkat keberhasilan
80% secara klasikal dan indufidual 65 %.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar