SELAMAT DATANG DI BLOG ANJAR SETIO PURNOMO, S.Pd.

Senin, 25 Juni 2012

Contoh RPP Akuntansi


RANCANGAN PELAKSANAAN PEMBELAJARA

Mata pelajaran             : Akuntansi
Satuan pendidikan       : SMK
Kelas/ semester            : XI IPS/2
Waktu                          : 1 X 45 menit
Standar kompetensi     : mengelola kartu utang
Kompetensi dasar        : Mempersiapkan kartu utang , mengidentifikasi  dan  membukukan  data mutasi  utang,

I.                   Indikator
1.      Kartu utang tersedia
2.      Prosedur pencatatan utang dipahami
3.      Bukti transaksi yang dibutuhkan untuk penglolaan kartu utang tersedia

II.                Tujuan pembelajaran
1.      siswa dapat menyiapkan kartu utang
2.      siswa dapat memahami prosedur pencatatan utang
3.      siswa dapat menyipkn bukti transaksi unutk pengelolaan kartu utang

III.             Materi pembelajaran

1.      Pengelompokan utang berdasarkan jangka waktu pelunasan
Utang adalah kewajiban membayar suatu badan atau perusahaan kepada pihak lain yang disebabkan adanya transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit.

2.    mempersiapkan kartu utang
            Kartu utang adalah salah satu sarana untuk mencatat adanya mutasi utang secara terperinci pada tiap tiap kreditor. Format kartu utang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Informasi  yang terdapat dalam kartu utang antara lain : nama kreditur, nomor rekening, syarat pembayaran utang, dan table untuk mencatat adanya mutasi utang, seperti tanggal kejadianya transaksi, keterangan, nomor bukti transaksi, kolom debet, kolom kredit, serta saldo utang.
1.      Prosedur Pencatatan Utang
            Prosedur pencatatan utng ke dalam kartu utang terdiri dari dua cara, yaitu,
1.      Prosedur satu akun utang untuk tiap kreditur
2.      Prosedur  utang voucher ( voucher payable procedure)
3.       Built- up procedure]

IV.              Metode pembelajaran
a.       Pendekatan      : Keterampilan proses
b.      Metode                        : ceramah, Tanya jawab, dan penugasan.

V.                 Langkah langkah pembelajaran

·         Kegiatan awal ( 5 menit )

Guru
siswa
-          Guru membuka pelajaran dengan mengucapkan salam.
-          Apesepsi :  guru bertanya kepada       siswa tentang definisi kartu utang
-          - Motivasi     :  guru memberikan informasi tentang pentingnya definisi  kartu utang
-          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan menginformasikan tentang metode pembelajaran yang akan digunakan.
-          Siswa menjawab salam guru



-          Siswa menyimak pertanyan, dan menjawab jika bias




-          Siswa menyimak guru


§  Kegiatan inti ( 25 menit)
guru
siswa
-          Guru menerangkan tentang materi pertama
-          Setelah materi pertama selesai guru akan bertanya kepada siswa yang belum paham, jika tidak ada maka guru akan melanjutkan pembahasan
-          Guru menyampaikan materi ke dua
-          Diulangi dengan menanyakan kepada siswa yang belu mengerti
-          Guru menyampaikan materi ketiga
-          Dan kembali bertanya jika ada siswa yang belum mengerti.
-          Guru memberikan beberapa pertanyaan kepada siswa tentang materi yang telah dijelaskan

-          Siswa mendengarkan tentang materi yang dijelaskan
-          Siswa bertanya jika ada yang belum dimengerti



-          Siswa mendengarkan penjelasan guru
-          Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti
-          Siswa mendengarkan penjelasan guru
-          Siswa bertanya kepada guru tentang materi yang belum dimengerti
-          Siswa menjawab pertanyaan pertanyaan yang diberikan oleh guru.

§  Kegiatan penutup dan tindak lanjut (15 menit)

Guru
siswa
-          Guru memberikan kesimpulan kepada siswa tentang materi 1, 2, dan 3.
-          Guru memberikan tes tulis kepada siswa
-          Guru menyuruh siswa mengumpulkan tes tulis setelah 10 menit
-          Guru menutup pembelajaran dengan mengucapkan salam
-          Siswa mendengarkan kesimpulan yang diberikan oleh guru
-          Siswa mengrjakan tes tulis
-          Siswa mengumpulkan tes tulis



-          Siswa menjawab salam

VI. Alat bahan dan Sumber belajar
Alat           : LCD, papan tulis spidol
Bahan        : LKS
Sumber      :
                                                              i.      Alam S., akuntansi unutk SMK kelas XI,2, Jakarta 2007

VII.          Evaluasi dan penilaian
a.       Tekhnik penilaian : tes dan non tes
b.      Bentuk penilaian :
                                                              i.      Tes         : tes tulis
                                                            ii.      Non tes : pengamatan dan Tanya jawab



c.       Instrumen penilaian :
                                                              i.      Penilaian kognitif
a.       Mengadakan ulangan harian / uji kompetensi
b.      Mengadakan tes lisan
                       

                                                            ii.      Penilaian afektif
§  Kesungguhan siswa dalam mengikuti pelajaran
§  Kesungguhan siswa dalam mengerjakan tugas tugas
§  Kesungguhan siswa dalam mengerjakan soal- soal


VIII.          Analis hasil belajar dan program tindak lanjut
1. program remedial
2. Penugasan














LEMBAR PENILAIAN

Aspek                          : Kognitif
Indikator                     :
a.        Kartu utang tersedia
b.      Prosedur pencatatan utang dipahami
c.       Bukti transaksi yang dibutuhkan untuk penglolaan kartu utang tersedia
Kelas/ semester                        : XI IPS / 2
No
Nama
No. soal
Skor
keteranga

















































































Keterangan
No
Aspek yang di ingini
Skor maksimum
1
Jawaban siswa kurang tepat
40
2
Jawaban siswa tidak lengkap, tapi benar
75
3
Jawaban siswa lengkap dan benar
100



LEMBAR PENILAIAN PENGAMATAN
Aspek                          : Afektif
Indikator                     :
a.        Kartu utang tersedia
b.      Prosedur pencatatan utang dipahami
c.       Bukti transaksi yang dibutuhkan untuk penglolaan kartu utang tersedia
Kelas/ semester                        : XI IPS / 2

No
Komponen
keterangan
SL
SE
JR
TP
1
Saya mengikuti pelajaran akuntansi




2
Saya tidak mengikuti pelajaran akuntansi




3
Saya merasa pelajaran akuntansi bermanfaat




4
Saya berusaha mengerjakan tugas tepat waktu




5
Saya selalu mengerjakan soal / latihan dirumah




6
Saya selalu mendiskusikan materi posting




7
Saya berusaha mencari referensi di perpustakaan





Keterangan
Aspek yang dinilai
Skor pernyataan positif
Skor maksimum
1 = selalu
4
4
2 = sering
2
3
3= jarang
3
2
4= tidak pernah
1
1


Lampiran Materi pelajaran
Utang adalah kewajiban membayar suatu badan atau perusahaan kepada pihak lain yang disebabkan adanya transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit.

Utang dikelompokan menjadi 2, yaitu :
2.      Utang jangka pendek (utang lancar) yaitu utang yang harus dilunasi dalam waktu tidak lebih dari 1 tahun.
Contoh :
·         utang dagang
·         utang usaha, utang wesel dll.
·         Utang pendapatan
·         Beban yang masih haru dibayar
·         Utang jangka panjang yang telah jatuh tempo
·         Utang yang jumlahnya ditaksir meliputi utang garansi dan utang hadiah

3.      Utang jangka panjang, yaitu utang yang jangka waktu pelunasanya lebih dari satu tahun
·         Utang hipotek
·         Utang obligasi
·         Utang investasi

2.    mempersiapkan kartu utang
            Kartu utang adalah salah satu sarana untuk mencatat adanya mutasi utang secara terperinci pada tiap tiap kreditor. Format kartu utang dapat dibuat sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Informasi  yang terdapat dalam kartu utang antara lain : nama kreditur, nomor rekening, syarat pembayaran utang, dan table untuk mencatat adanya mutasi utang, seperti tanggal kejadianya transaksi, keterangan, nomor bukti transaksi, kolom debet, kolom kredit, serta saldo utang.


Contoh format kartu utang
PT…………………..
KARTU UTANG
Nama kreditur   : ……..                                                                        Syarat pembayaran  : ……………..
No rekening       : ……...
Tanggal
Keterangan
No. bukti
Debet
Kredit
saldo







 






4.      Prosedur Pencatatan Utang
            Prosedur pencatatan utng ke dalam kartu utang terdiri dari dua cara, yaitu,
4.      Prosedur satu akun utang untuk tiap kreditur
Dalam prosedur ini, bukti transaksi yang digunakan antara lain :
·         Faktur pembelian, sebagai bukti telah telah terjadi transaksi pembelian secara kredit. Selanjutnyatransaksi dicatat dalam jurnal pembelian dan dicatat dalam kartu utang sebagai penambah utang.
·         Bukti pembayaran utang, berupa kuitansi dan pemasok. Selanjutnya transaksi dicatat dalam jurnal pengeluaran kas dan dicatat dalam kartu utang sebagaipengurang utang pada kreditur tersebut.
·         Memo kredit, merupakan bukti pengembalian barang yang dibeli. Selanjutnya transaksi dicatat dalam jurnal memorial dan dicatat ke dalam kartu utang sebagai pengurang utang pada kreditur tersebut.
            Catatan akuntansi yang digunakan adalah jurnal pembelian, buku besar, kartu utang, jurnal pengeluaran kas, dan jurnal umum.
Dalam prosedur ini terdapat dua hal penting :
·         Saat faktur dari pemasok disetujui untuk dibayar, bagian utang mencatat jumlahtransaksi kedalam jurnal pembelian, dan membukukanya ke dalam buku besar utang masing masing masing.
·         Saat dilakukan pembayaran sesuai denga faktur bagian akuntansi membukukan jumlah transaksi kedalam jurnal pengeluaran kas dan buku besar serta kartu utang pemasok yang bersangkutan.

5.      Prosedur  utang voucher ( voucher payable procedure)
      Dalam prosedur ini, bukti transaksi yang digunakan adalah faktur pembelian, voucher, cek, dan memo kredit. Voucher adalah vormulir yang digunakan sebagai bukti pengeluaran kas yang akan dibayar. Catatn akuntansi yang digunakan adalah jurnal pembelian, jurnal pengeluaran kas, jurnal umum,  voucher register, cek register, dan kartu utang. Setiap pengeluaran yang dilakukan, harus dibutkan voucher terlebih dahulu. Dokumen pendukung voucher antara lain : permintaan pembelian, orderpembelian, laporan penerimaan barang, dan faktur dari pemasok.
      Terdapat dua prosedur dalam pembuatan voucher, yaitu ;
·         Prosedur voucher satu kali
·   Cash basis one time voucher procedure
Faktur dari pemasok diarsip menunggu jatuh tempo, pada saat jatuh tempo dibuatkan voucher, setelah itu disetujui untuk dibayar, dan dibuatkan cek, kemudian dicatat dalamjurnal pengeluaran kas.
·   Accrual basis one time voucher procedure
Voucher segera dibuat pada saat faktur dari pemasok disetujui untuk dibayar, kemudian dicatat pada voucher register, pada saat jatuh tempo dibuatkan cek dan dicatat dalam cek register.


6.       Built- up procedure]
Metode ini dipakai bila penagihan oleh pemasok dilakukan setiap tanggal tertentu,bila dalam periode yang disepakati terjadi beberapa kali pembeliandari pemasok yang sama, maka faktur-faktur dilampirkan pada blangko voucher yang bersangkutan. Ada tanggal jatuh tempo, faktur-faktur di jumlahkan, angka dalam voucher diisi kemdian dicatat dalam jurnal pengeluaran kas.

Lampiran soal

Soal        :
1.      Jelaskan definisi dari utang
2.      Sebut dan jelaskan  pengelompokan utang
3.      Apa yang dimaksud dengan kartu utang
4.      Sebut prosedur pencatatan utang

                        Jawaban :
1. Utang adalah kewajiban membayar suatu badan atau perusahaan kepada     pihak lain yang disebabkan adanya transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit.
2.  Utang jangka pendek (utang lancar) yaitu Utang adalah kewajiban membayar suatu badan atau perusahaan kepada pihak lain yang disebabkan adanya transaksi pembelian barang atau jasa secara kredit., Utang jangka panjang yaitu, utang yang jangka waktu pelunasanya lebih dari satu tahun.
3. Kartu utang adalah salah satu sarana untuk mencatat adanya mutasi utang secara terperinci pada tiap tiap kreditor.
4. Prosedur satu akun utang untuk tiap kreditur  dan Prosedur  utang  voucher ( voucher payable procedure)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar